PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM ECOMMERCE

Authors

  • Afeni Maxuel Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Anita Primastiwi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

sosialisasi perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak, umkm e-commerce, taxation socialization, taxpayer awareness, tax sanction, taxpayer compliance, ecommerce SME

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah sosialisasi perpajakan, kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan data primer dengan menggunakan kuesioner. Penelitian mengambil sampel pengusaha e-commerce yang ada di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengirimkan kuesioner melalui chat personal atau melalui e-mail dalam bentuk google form kepada pengusaha e-commerce. Jumlah kuesioner yang diolah adalah 100 kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce sedangkan kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce.

Kata kunci: sosialisasi perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak, umkm e-commerce.

ABSTRACT
This study aims to examine whether taxation socialization, awareness of taxpayers and tax sanctions affect the tax compliance of MSME e-commerce taxpayers. This research method uses quantitative descriptive methods and primary data using a questionnaire. The study took a sample of e-commerce entrepreneurs in Indonesia. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection is done by sending questionnaires via personal chat or via e-mail in the form of Google forms to e-commerce entrepreneurs. The number of questionnaires processed was 100 questionnaires. Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that taxation socialization has a positive effect on tax compliance of MSME e-commerce taxpayers while awareness of taxpayers and tax sanctions does not have a significant effect on tax compliance of MSME e-commerce taxpayers

Keywords: taxation socialization, taxpayer awareness, tax sanction, taxpayer compliance, ecommerce SME

Downloads

Published

2021-06-01