OPTIMALISASI APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE FOOD SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID 19
Keywords:
keputusan pembelian, diskon, cash back, shopee pay, buying decision, discountAbstract
ABSTRAK
Dampak pandemic Covid 19 mengakibatkan banyak perusahaan gulung tikar, sehingga terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan. Sisi positif dari pemutusan hubungan kerja, muncul UMKM baru yang bergerak dibidang kuliner. Pemasaran yang dilakukan oleh UMKM melibatkan e-commerce. Salah satu e-commerce yang konsisten melakukan perubahan terhadap fitur – fiturnya adalah Shopee. Ditahun 2020 Shopee meluncurkan fitur baru yaitu Shopee food. Lewat fitur ini UMKM bisa mendaftar sebagai penjual. Shopee food menawarkan beberapa kemudahan bagi konsumen maupun penjual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peran ecommerce shopee food sebagai media pemasaran bagi UMKM dimasa pandemic covid 19. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesiner melalui google form. Varibel X dalam penelitian ini adalah diskon, cash back dan shopee pay. Sedangkan variable Y adalah Keputusan Pembelian. Varibel X memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini variabel yang paling dominan adalah diskon. Toko yang memberikan diskon secara berkesinambungan akan menimbulkan minat beli konsumen yang lebih tinggi.
Kata kunci : keputusan pembelian, diskon, cash back, shopee pay.
ABSTRACT
The impact of the Covid-19 pandemic has resulted in many companies going out of business, so they were forced to lay off their employees. The positive side of the termination of employment, new MSMEs are emerging that are engaged in the culinary field. Marketing carried out by MSMEs involves e-commerce. One of the e-commerce companies that consistently makes changes to its features is Shopee. In 2020 Shopee launched a new feature, namely Shopee food. Through this feature, MSMEs can register as sellers. Shopee food offers several conveniences for consumers and sellers. The purpose of this study was to determine the extent of the role of shopee food e-commerce as a marketing medium for MSMEs during the covid 19 pandemic. This research was conducted by distributing questionnaires via google form. X variables in this study are discounts, cash back and shopee pay. While the variable Y is the Purchase Decision. Variable X has a positive influence on purchasing decisions. The result of this research is the most dominant variable is discount. Stores that provide discounts on an ongoing basis will lead to higher consumer buying interest.
Keywords: buying decision, discount, cash back, shopee pay