ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA XENDIT DENGAN METODE PIECES (STUDI KASUS RESELLER KUTUSKUTUS.ID)

Authors

  • Kompyang Aprilia Pratiwi Primakara University
  • I Gusti Agung Pramesti Dwi Putri Primakara University
  • Putri Anugrah Cahya Dewi Primakara University

DOI:

https://doi.org/10.21460/jrak.v20i2.58

Keywords:

Fintech, Payment Gateway, PIECES Framework, User satisfaction, Kepuasan pengguna

Abstract

ABSTRACT

Xendit is one of the payment gateway fintech companies that offer digital payment solutions and other financial services. Xendit faces challenges related to user data security and technical issues that can impact user satisfaction. Therefore, it is essential to understand the influence of the PIECES variables on user satisfaction. The objective of this research is to identify how the PIECES variables affect the level of user satisfaction with Xendit services. The population in this study is 72 resellers of Kutuskutus. id who uses Xendit. The sample size of 61 respondents was determined using Slovin's formula. This research will utilize multiple linear regression analysis techniques, including the F-test and t-test. The study results indicate that the variables of performance, information & data, economics, control & security, efficiency, and service collectively influence user satisfaction with Xendit. Four variables, namely economics, control & security, efficiency, and service, have a partial influence on user satisfaction, while the variables of performance and information & data do not have a partial influence on user satisfaction with the Xendit application. The variable that exerts the most dominant influence on user satisfaction (Y) is the service variable, with a significant value of 1.449.

Keywords: Fintech; Payment Gateway; PIECES Framework; User satisfaction.

 

ABSTRAK

Xendit adalah salah satu perusahaan fintech kategori payment gateway yang menyediakan solusi pembayaran digital dan layanan keuangan lainnya. Tantangan yang dihadapi xendit berkaitan dengan keamanan data pengguna serta kendala teknis dalam penggunaan xendit yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna.  Oleh karena itu perlu di ketahui pengaruh variabel PIECES terhadap kepuasan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana variabel PIECES mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna layanan Xendit. Populasi dalam penelitian ini adalah reseller Kutuskutus.id yang menggunakan xendit sebanyak 72 orang. Dimana banyaknya sampel yang diambil adalah 61 responden yang dihitung berdasarkan rumus slovin. Dalam penelitian ini akan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang terdiri terdiri dari uji F dan uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel performances, information & data, economics, control & security, efficiency, dan service secara simultan mempengaruhi kepuasan pengguna xendit. Ada empat variabel yang berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengguna yaitu economics, control & security, efficiency dan service sedangkan variabel performance dan information & data tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi xendit. Variabel yang memiliki pengaruh paling mendominasi terhadap variabel kepuasan pengguna (Y) adalah variabel service dengan nilai signifikan sebesar 1,449.

Kata Kunci: Fintech; Payment Gateway; PIECES Framework; Kepuasan pengguna.

Downloads

Published

2024-08-01