PERAN KINERJA LINGKUNGAN, SOSIAL, DAN TATA KELOLA PADA NILAI PERUSAHAAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21460/jrak.v20i1.4Keywords:
environmental, social, governance, ESG, firm value, lingkungan, sosial, tata kelola, LST, nilai perusahaanAbstract
ABSTRACT
The study analyzes the relationship of each element of environmental, social, and governance (ESG) performance to firm value. This study used 207 Indonesian non-financial companies from 2014 to 2022. Based on the analysis, this study provides empirical evidence that environmental performance has a positive relationship with firm value. Companies that have high concern for the environment, such as good waste treatment and good management of carbon emission gases can create a good image in the eyes of stakeholders. Research cannot provide empirical evidence that social performance and governance have a relationship with firm value. Furthermore, additional analysis provides empirical evidence that unitary ESG performance has a significant positive influence on firm value. The better the ESG performance of a company, the better the stakeholders' assessment of the company.
Kata kunci: environmental, social, governance, ESG, firm value
ABSTRAK
Penelitian menganalisis hubungan setiap elemen kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan 207 perusahaan non-keuangan Indonesia dari tahun 2014 sampai 2022. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kinerja lingkungan memiliki hubungan positif dengan nilai perusahaan. Perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi kepada lingkungan, seperti pengolahan limbah yang baik dan pengelolaan gas emisi karbon yang baik dapat menciptakan citra yang baik dimata stakeholder. Penelitian tidak dapat memberikan bukti empiris bahwa kinerja sosial dan tata kelola memiliki hubungan dengan nilai perusahaan. Selanjutnya, analisis tambahan memberikan bukti empiris bahwa kinerja LST secara kesatuan memiliki pengaruh signifikan positif dengan nilai perusahaan. Semakin baik kinerja LST suatu perusahaan, maka penilaian stakeholder terhadap perusahaan semakin baik.
Keywords: lingkungan, sosial, tata kelola, LST, nilai perusahaan