PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WIFI INDIHOME DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Leon Engelka Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana
  • Lucia Nurbani Kartika Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana

Keywords:

Product Quality, Service Quality, Price Perception, Consumer Satisfaction, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

ABSTRACT

This study aims to analyze the effect of product quality, service quality and price perceptions on consumer satisfaction with indiHome wifi in the Special Region of Yogyakarta. This study uses a quantitative approach method. The population in this study is IndiHome wifi consumers, with Non-probability sampling technique, namely those who have subscribed and used indiHome wifi for at least or more than 1 month and at least 17 years old. The sampels taken in this study were 100 respondents. In terms of taking sampel data, it is done through a survei method by distributing questionnaires via Google Form to respondents. Then the researchers used the SPPS version 26 application to process respondent data and used analytical techniques in the form of descriptive analysis, multiple linear regression with hypothesis testing, namely the F test, the coefficient of determination (R2), and the t test which was preceded by the research instrumen test, namely the validity test and reliability test. Based on the results of the data obtained, the conclusions of the three independent variables, namely product quality, service quality, and price perceptions have a positive and significant influence on the dependent variable, namely simultaneous or partial consumer satisfaction. Thus, all the hypotheses in this study can be accepted.


Keywords: Product Quality, Service Quality, Price Perception and Consumer Satisfaction

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel kualitas produk, kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen wifi indiHome di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen wifi IndiHome, dengan Teknik pengambilan sampel Non-probability sampling, yaitu mereka yang pernah berlangganan dan menggunakan wifi indiHome minimal atau lebih dari 1 bulan dan minimal berusia 17 tahun. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Dalam hal pengambilan data sampel, dilakukan melalui metode survei dengan cara menyebar kuesioner melalui Google Form kepada responden. Kemudian peneliti menggunakan aplikasi SPPS versi 26 untuk mengolah data responden serta menggunakan teknik analisis berupa analisis deskriptif, regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu Uji F, Koefisien Determinasi (R2), dan Uji t yang didahului dengan uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, kesimpulan dari ketiga variabel bebas yaitu kualitas produk kualitas layanan, dan persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen secara simultan maupun parsial. Maka dengan demikian semau hipotesis di dalam penelitian ini dapat diterima.

Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Kepuasan Konsumen

Downloads

Published

2022-12-01