ANALISIS PERSEPTIF ATAS PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI PRODUK JAMU TOLAK ANGIN SIDO MUNCUL ( STUDI PADA KONSUMEN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Authors

  • Bella Ros Grazelya Lauluw Universitas Kristen Duta Wacana
  • Xaveria Indri Prasasyaningsih Universitas Kristen Duta Wacana

Keywords:

Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian, Product Quality, Lifestyle, Purchase Decision

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel, Kualitas Produk, Brand Image dan Gaya Hidup berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sido Muncul di Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli Produk Tolak Angin Sido Muncul, sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden dengan teknik penentuan sampel yaitu teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form dan  pengukuran variabel menggunakan skala linkert. Metode analisis  data dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Barganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji instrument penelitian yaitu uji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis data ini meliputi  uji koefisien determinasi R2, uji F, dan uji t. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah Kualitas Produk, Brand Image dan Gaya Hidup, sedangkan variabel terikat ialah Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil analisis data didapat bahwa hasil uji koefisien determinasi R2 yang menunjukan bahwa variabel bebas Brand Image, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup mampu menjelaskan sebesar 57,1% terhadap perubahan variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian, sisanya sebesar 43% variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menyimpulkan bahwa variabel Brand Image, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Tolak Angin Sido Muncul di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

 This study aims to determine whether the variables Product Quality,Brand Image  and Lifestyle affect the Purchase Decision of Tolak Angin Sido Muncul Products in the Special Region  of Yogyakarta. The population in this study were consumers who has bought Jamu Tolak Angin Sido Muncul's Products, the sample in this study was 100 respondents, whose are choosed  using a purposive sampling technique. Data collection techniques used questionnaires distributed via google form, variable measurements used a Likert scale. The method used in data analysis in this study is multiple linear regression, with validity and reliability test for the research  instruments before.  The data analysis was includes the Adjusted  R2 coefficient of Determination test, F test, and t test. The independent variable in this study are   Product Quality, Brand Image and Lifestyle while the dependent variable is Purchase Decision. The results of data analysis, it was found that the coefficient of determination Adjusted R2 showed that the independent variables Brand Image, Product Quality, and Lifestyle were able to explain 57.7 % of changes of the dependent variable, namely Purchase Decision, the remaining 42.3 % of the variables not examined in this study.  The results of hypothesis testing using the t test conclude that the variables Product Quality, Brand Image  and Lifestyle have a  significant effect on Purchasing Decisions of Tolak Angin Sido Muncul Products in the Special Region  of Yogyakarta.

 Keywords: Product Quality, Brand Image, Lifestyle, Purchase Decision

Downloads

Published

01-06-2023