RE-PROFILING (ANALISIS BIG DATA VERSI UMKM) : GEBRAKAN DALAM AKUNTANSI UMKM UNTUK MENGHADAPI GUNCANGAN EKONOMI AKIBAT PANDEMI PADA UMKM FAMILY LAUNDRY

Authors

  • Muhammad Khairus Ramadhan Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Addra Febriana Lukitasari Politeknik Keuangan Negara STAN

Keywords:

Accounting, Pandemic, Re-profiling, MSMEs, UMKM, Akuntansi, Pandemi

Abstract

ABSTRACT  

This study aims to present solutions for MSMEs in dealing with a pandemic by providing education about the importance of the role of Re-profiling in helping to take action during an economic recession and updating the MSME data system to prepare strategies after the pandemic is over. Basically, Re-profiling is big data analysis for MSMEs. Re-profiling is profiled in reverse, through a strategy-measure-test process with simple accounting calculations. The research method used is a qualitative simulation method to elaborate a pandemic phenomenon in MSMEs by implementing Re-profiling through accounting measures at the Family Laundry MSMEs which is suitable for achieving research objectives. Through this simulation research the authors will make financial reports, analyzes, and recommendations for MSME Family Laundry actions to deal with the pandemic with a Re-profiling scheme as the output of the research. Based on the results of the research, it is suspected that the MSME Family Laundry has unsystematic data processing, causing difficulties in determining actions during recession and the need for assistance and socialization to educate MSMEs about the importance of data.

Keywords: Accounting, Pandemic, Re-profiling, MSMEs

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan solusi bagi UMKM dalam menghadapi pandemi dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya peran Re-profiling dalam membantu mengambil tindakan di saat resesi ekonomi dan memperbarui sistem data UMKM untuk mempersiapkan strategi setelah pandemi usai. Pada dasarnya, Re-profiling adalah analisis big data untuk UMKM. Re-profiling memprofilkan secara terbalik, melalui proses strategi-ukur-tes dengan perhitungan akuntansi sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif simulasi untuk mengelaborasi suatu fenomena pandemi pada UMKM dengan mengimplementasikan Re-profiling melalui pengukuran akuntansi pada UMKM Family Laundry yang mana sesuai untuk menggapai tujuan penelitian. Melalui penelitian simulasi ini penulis akan membuat laporan keuangan, analisis, dan rekomendasi tindakan UMKM Family Laundry untuk menghadapi pandemi dengan skema Re-profiling sebagai output dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diduga UMKM Family Laundry memiliki pengolahan data yang tidak sistematis, sehingga menyebabkan kesulitan dalam menentukan tindakan di saat resesi dan perlunya pendampingan serta sosialisasi untuk mengedukasi UMKM mengenai pentingnya data.

Kata Kunci:, Akuntansi, Pandemic, Re-profiling, UMKM

Downloads

Published

2020-02-01