ERBEDAAN METODE PERSEDIAAN DALAM MENCERMINKAN KUALITAS LABA TERHADAP PROFITABILITAS

Authors

  • Bernadeta Vista Andriyani Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana
  • Maharani Dhian Kusumawati Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana

Keywords:

Inventory valuation method, accruals quality, accruals, fifo method, average method, Metode penilaian persediaan, kualitas akrual, metode fifo, metode rata-rata

Abstract

ABSTRACT

 

Inventory has an important role in maintaining the stability of firm’s operation, so its need policy in selecting the appropriate valuation methods. FIFO and average method has cost of goods sold (COGS) that are not matched in time with revenue. FIFO method has high variability, nevertheless average method has more stable COGS. This study aims to find out empirical evidence about the difference of accrual quality on firms that use FIFO and average method. The sample of this study is manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchanged during 2009-2014. Hypothesis test used univariate and multivariate analysis. It found that companies that use average method have accruals quality better than FIFO companies.

 

Keywords: Inventory valuation method, accruals quality, accruals, fifo method, average method.

 

ABSTRAK

Persediaan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas operasional perusahaan, sehingga diperlukan kebijakan dalam memilih metode penilaian yang tepat. Metode penilaian persediaan FIFO dan rata-rata memiliki harga pokok penjualan (HPP) yang tidak matched in time dengan pendapatan. Namun berbeda dengan metode FIFO yang memiliki variabilitas yang tinggi, metode rata-rata memiliki HPP yang lebih stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris tentang perbedaan kualitas akrual pada perusahaan yang menggunakan metode FIFO dan perusahaan yang menggunakan metode rata-rata. Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2009-2014. Pengujian hipotesis menggunakan analisis univariat dan multivariat menemukan pada perusahaan yang menggunakan metode rata-rata memiliki kualitas akrual yang lebih baik dibanding perusahaan yang menggunakan metode FIFO.

 

Kata Kunci: Metode penilaian persediaan, kualitas akrual, metode fifo, metode rata-rata.

Downloads

Published

2020-02-01