KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS DARING BUKALAPAK DENGAN PEKERJAAN, JENIS KELAMIN DAN ASAL DAERAH SEBAGAI PEMODERASI
Abstract
ABSTRACT
This research is aimed to test the effect on site design, product, price preception, and site image towards the consumers buying intention to shop on Bukalapak marketplace with occupation, gender, and origin as a moderation effect at Yogyakarta Special Region. The method used in this research is by using the quantitative apporach by survey methods. There are 155 respondents here and they are spread amoung five different areas in Yogyakarta Special Region. The results show that Site Image takes effects on the consumers buying intentions. And by using pait t test on the moderation test shows that gender has the effect.
Keywords: site design, product, price preception, gender, and origin.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain situs, produk, persepsi harga, dan citra situs pada minat belanja di situs Bukalapak dengan pekerjaan, jenis kelamin, dan asal daerah sebagai pemoderasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Adapun jumlah sampel penelitian ini sebanyak 155 orang yang tersebar di 5 daerah kabupaten kota di Daerah Instimewa Yogyakarta dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra situs yang mempengaruhi secara signifikan minat belanja di situs bukalapak. Terdapat perbedaan respon minat beli pada hasil uji beda pair t test untuk kategori pembedaan berdasarkan jenis kelamin.
Kata Kunci: desain situs, produk, perkiraan harga, jenis kelamin, dan asal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR REFERENSI
Adkon dan Ridwan, 2006, Aplikasi Statistika dan Metodologi Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen, Penerbit Dewa Ruci, Bandung
Bilson Simamora, 2004, Riset Pemasaran, Gramedia Utama, Jakarta
Bilson Simamora.,2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Pustaka Utama, Surabaya
Daryanto, 2011,Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, PT SaranaTutorial Nurani Sejahtera, Bandung
Damodar N. Gujarati dan Dawn C. Porter., 2012, Dasar-dasarEkonometrika (terjemahan), edisi 5, PenerbitSalembaEmpat, Jakarta
Hasibuan, Nurimansjah., 1993, Ekonomi Industri, LP3ES Jakarta
Imam Gozali., 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Undip, Semarang
Philip Kotler, Marketing Management,13th edition, Pearson Publisher, New York, 2009
Philip Kotler., & Gary Armstrong., G., 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta
Philip Kotler., & Keller, K.L., 2012, Marketing Management, Edisi 14, Pearson Education, New Jersey
Barnes, James G., 2003,Secrets Of Customer Relationship Management, penerbit ANDI, Yogyakarta
Durianto, D. dan C. Liana, 2004, Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumen Decision Model, Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11 (1): 35 -55
Gozali.I., 2009, AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Ibnu Widiyanto dan Sri Lestari Prasilowati, 2015, Perilaku Pembelian Melalui Internet, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro dalam JMK, VOL. 17, NO. 2, September 2015,
Kotler. P., 2009, Marketing Management, 13th edition, Pearson Publisher, New Jersey
Kotler. P., dan G. Armstrong., 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Penerbit Erlangga, Jakarta
Kotler. P., dan K.L. Keller, 2012, Marketing Management, Edisi 14, Pearson Education, New Jersey
Saputri, M.E., 2016, Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia, Journals, ITB.ac.id, Bandung
Sunarto, 2006, Manajemen Pemasaran 2, Penerbit Adityamedia, Yogyakarta
Mowen, J.C., dan M. Minor, 2002,Perilaku Konsumen, Jilid Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta
Ratib. R. A., 2015, Analisis Pengaruh Kepercayaan Situs Belanja Online dan Risiko yang Dirasakan pada Minat Beli Konsumen Secara Online, Jurnal Universitas Bakrie, Vol. 3 no. 3, Jakarta
--------, www.apjii.com, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, berbagai artikel
--------, www.liputan6.com , (2019), aneka pemberitaan tekonologi
--------, www.technopreneur.com , (2017), Penetrasi dan Perilaku Internet Indonesia,