KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS DARING BUKALAPAK DENGAN PEKERJAAN, JENIS KELAMIN DAN ASAL DAERAH SEBAGAI PEMODERASI

Jonathan Herdioko

Abstract


ABSTRACT

 

This research is aimed to test the effect on  site design, product, price preception, and site image towards the consumers buying intention to shop on Bukalapak marketplace with occupation, gender, and origin as a moderation effect at Yogyakarta Special Region. The method used in this research is by using the quantitative apporach by survey methods. There are 155 respondents here and they are spread amoung five different areas in Yogyakarta Special Region. The results show that Site Image takes effects on the consumers buying intentions. And by using pait t test on the moderation test shows that gender has the effect.

 

Keywords:  site design, product, price preception, gender, and origin.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain situs, produk, persepsi harga, dan citra situs pada minat belanja di situs Bukalapak dengan pekerjaan, jenis kelamin, dan asal daerah sebagai pemoderasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Adapun jumlah sampel penelitian ini sebanyak 155 orang yang tersebar di 5 daerah kabupaten kota di Daerah Instimewa Yogyakarta dengan teknik purposive sampling.          Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra situs yang mempengaruhi secara signifikan minat belanja di situs bukalapak. Terdapat perbedaan respon minat beli pada hasil uji beda pair t test  untuk kategori pembedaan berdasarkan jenis kelamin.

 

Kata Kunci: desain situs, produk, perkiraan harga, jenis kelamin, dan asal

Keywords


desain situs, produk, perkiraan harga, jenis kelamin, dan asal

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Adkon dan Ridwan, 2006, Aplikasi Statistika dan Metodologi Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen, Penerbit Dewa Ruci, Bandung

Bilson Simamora, 2004, Riset Pemasaran, Gramedia Utama, Jakarta

Bilson Simamora.,2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Pustaka Utama, Surabaya

Daryanto, 2011,Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, PT SaranaTutorial Nurani Sejahtera, Bandung

Damodar N. Gujarati dan Dawn C. Porter., 2012, Dasar-dasarEkonometrika (terjemahan), edisi 5, PenerbitSalembaEmpat, Jakarta

Hasibuan, Nurimansjah., 1993, Ekonomi Industri, LP3ES Jakarta

Imam Gozali., 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Undip, Semarang

Philip Kotler, Marketing Management,13th edition, Pearson Publisher, New York, 2009

Philip Kotler., & Gary Armstrong., G., 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Erlangga, Jakarta

Philip Kotler., & Keller, K.L., 2012, Marketing Management, Edisi 14, Pearson Education, New Jersey

Barnes, James G., 2003,Secrets Of Customer Relationship Management, penerbit ANDI, Yogyakarta

Durianto, D. dan C. Liana, 2004, Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumen Decision Model, Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11 (1): 35 -55

Gozali.I., 2009, AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Ibnu Widiyanto dan Sri Lestari Prasilowati, 2015, Perilaku Pembelian Melalui Internet, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro dalam JMK, VOL. 17, NO. 2, September 2015,

Kotler. P., 2009, Marketing Management, 13th edition, Pearson Publisher, New Jersey

Kotler. P., dan G. Armstrong., 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Penerbit Erlangga, Jakarta

Kotler. P., dan K.L. Keller, 2012, Marketing Management, Edisi 14, Pearson Education, New Jersey

Saputri, M.E., 2016, Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia, Journals, ITB.ac.id, Bandung

Sunarto, 2006, Manajemen Pemasaran 2, Penerbit Adityamedia, Yogyakarta

Mowen, J.C., dan M. Minor, 2002,Perilaku Konsumen, Jilid Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta

Ratib. R. A., 2015, Analisis Pengaruh Kepercayaan Situs Belanja Online dan Risiko yang Dirasakan pada Minat Beli Konsumen Secara Online, Jurnal Universitas Bakrie, Vol. 3 no. 3, Jakarta

--------, www.apjii.com, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, berbagai artikel

--------, www.liputan6.com , (2019), aneka pemberitaan tekonologi

--------, www.technopreneur.com , (2017), Penetrasi dan Perilaku Internet Indonesia,