PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND IMAGE

Eko Prasojo

Abstract


ABSTRAKSI

 

Selebriti terkenal menjadi pertimbangan yang amat besar untuk menjadi komunikator dalam sebuah iklan, yang biasa disebut sebagai selebriti endorser. Selebriti yang sedang naik daun atau popular diyakini dapat lebih mempengaruhi seseorang untuk mengambil tindakan tertentu sesuai dengan tujuan awal. Iklan adalah salah satu strategi yang dilakukan perusahaan untuk mengomunikasikan produk dan mengenalkan sebuah merek. Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu contohnya adalah iklan yang dipakai oleh produk Luwak White Koffie, dimana didalam iklannya menggunakan Celebrity Endorsement yang bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen ketika melihatnya. Celebrity Endorsement dapat membawa dampak pada dunia periklanan, tergantung dari kepribadian dan kepopuleran dari selebriti tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kredibilitas Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui Keahlian Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui Daya Tarik Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui Kepercayaan (trustworthiness) Celebrity Endorsement terhadap Brand Image, untuk mengetahui power Celebrity Endorsement terhadap Brand Image serta untuk mengetahui Brand Image terhadap Minat Beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kredibilitas, keahlian, dayatarik, kepercayaan, power (kekuatan) terhadap brand image pada konsumen produk Luwak White Koffie serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand image terhadap minat beli konsumen produk Luwak White Koffie di Kota Tegal.

 

Kata kunci : Celebrity Endorsement, Brand Image dan Minat Beli

ABSTRACT

 

Famous celebrities are a huge consideration for being a communicator in an advertisement, commonly referred to as endorser celebrity. Celebrities who are on the rise or popular are believed to be more able to influence someone to take certain actions in accordance with the initial purpose. Advertising is one of the strategies undertaken by companies to communicate products and introduce a brand. This form of communication can be done in a variety of ways, one of which is the advertisement used by Luwak White Koffie's products, in which the ad uses Celebrity Endorsement which aims to attract the attention of potential consumers when they see it. Celebrity Endorsement can have an impact on the world of advertising, depending on the personality and popularity of the celebrity. The purpose of this study is to determine the credibility of Celebrity Endorsement on Brand Image, to know the Celebrity Endorsement Expertise on Brand Image, to determine the Attractiveness of Celebrity Endorsement towards Brand Image, to find out the trustworthiness of Celebrity Endorsement towards Brand Image, to determine the Celebrity Endorsement power Brand Image and to find out the Brand Image of Buying Interest. The results showed that there was a positive and significant influence between credibility, expertise, attractiveness, trust, power (strength) on brand image of Luwak White Koffie consumers and there was a positive and significant effect between brand image on consumer buying interest of Luwak White Koffie products in the City Tegal.

 

Keywords: Celebrity Endorsement, Brand Image and Purchase Interest

Keywords


Celebrity Endorsement, Brand Image and Purchase Interest

Full Text:

PDF

References


Daftar Referensi

Amos, C., Holmes, G., & Strutton, D. (2008). Exploring the relationship between celeb- rity endorser effects and advertising effectiveness A quantitative synthesis of effect size. International Journal of Ad- vertising , 27(2).

Ferle, L., & Choi. (2005). The Importance of Perceived Endorser Credibility in South Korean Advertising. Journal of Current Issues and Research in Advertising , 9 (15).

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardiman, I. (2006). 400 Istilah PR Media dan Periklanan. Jakarta: Gagas ulung.

Idiyanti. (2012). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Iklan Sabun Mandi Lux Terhadap Persepsi Konsumen pada Ratu Supermarket Malang. Malang : Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim.

Ishak, A. (2008). Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Terhadap Minat Beli Kon- sumen. Jurnal Siasat Bisnis , 12 (2).

Jewler, A. J., & Drewniany, B. L. (2005). Crea- tive Strategy in Advertising. USA: Wadsworth Thomson Learning.

Keller, L. L. (1993). Conceptualising, measuring and managing customer based brand equity. Journal of Marketing , 9 (5).

Kotler, P., & Armstrong, G. (1999). Principle of Marketing. 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Louie, T. A., & Obermiller, C. (2002). Consumer Response to a Firm’s Endorser (Dis) Association Decisions. Journal of Ad- vertising , (4), 41-52.

Mahestu, N. (2006). Analisis Pengaruh Model Iklan Terhadap Perilaku Pembelian Remaja. Kinerja , 10 (1).

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Kon- sumen. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Nurmala. (2008). Pengaruh Iklan Televisi ter- hadap Minat Beli Sabun Mandi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Jurnal Aplikasi Manajemen , 9 (1).

Ohanian, & Roobina. (1991). The Impact of Celebrity Spokespersons’ Perceived Image on Consumer's Intention to Purchase. Journal of Advertising Research , 46-54.

O'Mahony, Sheila, & Meenaghan, T. (1997/1998). The Impact of Celebrity Endorsement on Consumers. Irish Marketing Review , 10 (2), 15-24.

Patzer, G. L. (1983). Source Credibility as a Function of Communicator Physical Attrac- tiveness. Journal of Business Research , 11: 229-241.

Pughazhendi, A., & Ravindran, D. (2012). A Study on The Influence of Using Celebrity Endorsements on Consumer Buying beha- viour in Tamil Nadu, India. Journal of Research in International Business Mana- gement , 2(4).

Ristiarini, J. (2012). Tanggapan Mahasiswa Ten- tang Celebrities Endorser (Miss Universe) Minuman Kesehatan You C 1000. E-jurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran , 2 (1).

Rosandini, G., & Ferdinand. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Media Luar Ruang, Popularitas Endorser, dan Kreatifitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Guna Menum- buhkan Top Of Mind Produk Simcard GSM Prabayar Mentari. Dipo- negoro Journal Of Management , 1 (1).

Royan, F. M. (2005). Marketing Celebrities : Selebriti Dalam Iklan Dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sekaran, U. (2003). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba 4.

Soesatyo, & Rumambi. (2013). Analisa Celebrity Endorser Model : Sikap Audience Terhadap Iklan Dan Merek Serta Pengaruhnya Pada Minat Beli Top Coffee. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia , 7 (1).

Solomon, M. R., Ashmore, R. D., & Longo, L. C. (1992). The Beauty Match-Up Hypothesis: Congruence between Types of Beauty and Product Images in Advertising. Journal of Advertising , 23-34.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Temporal, & Lee, K. C. (2001). Hi Tech Hi Touch Branding: Creating Brand Power in The Age of Technology. Singapore: John Wiley and Sons (Asia) Pte.Lt