PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT UNTUK MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK (SHOPEEPAY)
Abstract
Penelitiann ini merupakann penelitian kuantitatif yangg bertujuanln untukl mengetahuili pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap minat untuk menggunakan uang elektronik (ShopeePay). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di daerah JABODETABEK. Sampell yang diambil dalam penelitiann inii berjumlah 100 dengan menggunakan teknik non-probability samplingg dan metode purposive sampling. Pengumpulanl datal dilakukanl denganl cara menyebarkanln kuisioner melalui google form, dan olah data menggunakan SmartPLS. Hasil dari pengujian diperoleh bahwa pada variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan sebesarl 0.507, variabel persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan sebesar 0.444 dan memperoleh nilai koefisien determinan sebesar 86.9%.
Kata kunci: persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, minat penggunaan, shopeepay, jabodetabek.
ABSTRACT
This study iss a quantitativeee studyyy thattt aimss to determineee the effect of perceived ease of use and perceived benefits on interest in using electronic money (ShopeePay). The population in thiss studyy are peoplee who are in the JABODETABEK area. The samplee taken in thiss studyy amounted to 100 using non-probability samplingg techniquee and purposive samplingg method. Datai collectionin is donei by distributingi questionnaires through google forms, and processing the data using SmartPLS. The resultss of the test showedd that the perceived ease of use variable had a positive and significant effect on interest in use of 0.507, the perceived benefit variable had a positive and significant effect on interest in use of 0.444 and obtained a determinant coefficient value of 86.9%.
Keywords: perceived ease of use, perceived benefits, interest in use, shopeepay, jabodetabek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR REFERENSI
Adiguna, K. (2020, August 10). ShopeePay Jadi Uang Elektronik dengan Pertumbuhan Paling Cepat. POPMAMA.Com. https://www.popmama.com/life/home-and-living/karsa-adiguna/transaksi-shopeepay-meningkat-di-pandemik-csc/6
Ajzen, I., Fishbein, M., & Flanders, N. A. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research (I. Ajzen (ed.)). Addison-Wesley Publishing Company.
Andriyano, Y. (2014). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Rekening Ponsel (Studi Kasus Pada Nasabah CIMB Niaga Daerah Istimewa Yogyakarta).
Annur, C. M. (2020, September 3). Hasil Dua Survei: ShopeePay Kalahkan GoPay dan OVO saat Pandemi. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5f50a03bf2ece/hasil-dua-survei-shopeepay-kalahkan-gopay-dan-ovo-saat-pandemi
Bank Indonesia. (2005). Electronic Money. E-Finance, 831–860. https://doi.org/10.1007/978-3-663-01575-8_34
Davis, F. D. (1989a). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Technology. MIS Quartely, 13 nomor 3.
Davis, F. D. (1989b). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology, MIS Quarterly. Management Information Systems Research Center, University of Minnesota.
Dirwan, & Latief, F. (2019). Aspek Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Digital di Kota Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
Fitrianingsih, A., & Usman, O. (2020). The Effect Of Benefit Perception, Perception Of Easy and Service Features On The Interest Of Using Electronic Money (E-Money) in Jabodetabek. Management.
Herman. (2019, February 9). Raih Izin BI, Shopee Resmi Hadirkan ShopeePay. BERITASATU. https://www.beritasatu.com/digital/537144/raih-izin-bi-shopee-resmi-hadirkan-shopeepay
Jati, J. N., & Laksito, H. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan dan Penggunaan Sistem E-Ticket (Studi Empiris pada Biro Perjalanan di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Accounting, 1.
Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. 8(021), 27–39.
Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi Yogyakarta. Andi Offset.
Kurniasari, P., & Priambada, S. (2018). Analisis Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Aplikasi Transportasi Online Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Administrasi Bisnis, 58(2), 129–136. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/2439/2835
Kurniawan, A. (2021, January 19). Tahun Baru, Kebiasaan Baru: Pembayaran Contactless Terus Diminati. Sindonews.Com. https://ekbis.sindonews.com/read/307074/34/tahun-baru-kebiasaan-baru-pembayaran-contactless-terus-diminati-1611064896
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612
Lonardo, A. Y. A., & Arisman, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Pay. 1–18.
Manurung, D. G. (2020). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Minat Pelaku Pengguna E-Money (OVO) Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. 11(1), 1–14.
Mulyadi, A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Layanan Go-Pay.
Mustofa, M. Z., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi Pelayanan Elektronik Payment Terhadap Keputusan Penggunaan Brizzi Card. 10(1), 163–176.
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. IKRA-ITH EKONOMIKA, 4 No 1 Mar. https://doi.org/10.37817/IKRAITH-EKONOMIKA
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04
Rahardyan, A. (2020, November 15). Manfaatkan Momentum Pascapandemi, Fintech Pembayaran Pacu Jumlah Pengguna. Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20201115/563/1317911/manfaatkan-momentum-
Rahmatsyah, D. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru (Studi Kasus E-Money Kartu Flazz BCA). Universitas Indonesia.
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa STIE Bank BPD JATENG. E-Finance, 2(2), 157–168.
Ramdhani, G. (2020, August 10). Tren Transaksi Digital di Masa Pandemi, ShopeePay Cetak Perkembangan Paling Pesat. Liputan6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4325564/tren-transaksi-digital-di-masa-pandemi-shopeepay-cetak-perkembangan-paling-pesat
Riyanto, G. P. (2021, February 23). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Rojas-Osorio, M., & Alvarez-Risco, A. (2019). Intention to Use Smartphones among Peruvian University Students. International Association of Online Engineering.
Samora, R. (2021, March 18). Optimisme Elektronifikasi Transaksi Pemda. Kontan.Co.Id. https://analisis.kontan.co.id/news/optimisme-elektronifikasi-transaksi-pemda
Sati, R. A. S., & M. Ramaditya, BBA., M. S. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Management, 1–20.
Shopee. (2018). Apakah yang dimaksud dengan ShopeePay? Help.Shopee.Co.Id. https://help.shopee.co.id/s/article/Apa-itu-ShopeePay
Sofuroh, F. U. (2020, August 9). ShopeePay Jadi e-Wallet dengan Perkembangan Terpesat Selama Pandemi. Detik.Com. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5126471/shopeepay-jadi-e-wallet-dengan-perkembangan-terpesat-selama-pandemi
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarwan, U., & Tjiptonon, F. (2019). Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. PT Penerbit IPB Press. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_pemasaran_dalam_perspektif_peri/gjP4DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 32(1), 134. https://doi.org/10.20473/ydk.v32i1.4431
Venkatesh, V. (2016). Determinants of Perceived Ease of Use: Integrating Control, Intrinsic Motivation, and Emotion into the Technology Acceptance Model. Information Systems Research, 11, n, 342–365.
Wibowo, Ferry, S., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-MONEY CARD ( Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). Riset Manajemen Sains Indonesia, 6 Nomor 1.
Widjana, M. A. (2010). Determinan Faktor Penerimaan Terhadap Internet Banking pada Nasabah Bank di Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
DOI: http://dx.doi.org/10.21460/jrak.2021.172.401
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.