PENGARUH RISIKO PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP TAX AVOIDANCE

Authors

  • Sri Ayem Fakultas Bisnis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Teresa Molasita Daradian Tarang Fakultas Bisnis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Keywords:

risiko perusahaan, kepemilikan institusional, strategi bisnis dan penghindaran pajak, corporate risk, institutional ownership, business strategy and tax avoidance

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah risiko perusahaan, kepemilikan institusional, dan strategi bisnis berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keagenan. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2018. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 19 perusahaan dengan pengamatan 3 tahun menggunakan metode purposive sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 17 dengan regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa risiko perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap penghindaran pajak dan strategi bisnis berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak.. .

Kata kunci : risiko perusahaan, kepemilikan institusional, strategi bisnis dan penghindaran pajak

 

ABSTRACT

This study aims to examine whether corporate risk, institutional ownership, and business strategy affect tax avoidance. The theory used in research is agency theory. The study used a sample of manufacturing companies listed on Indonesian Stock Exchange (IDX) during the 2016-2018 period. The number of samples used in this study were 19 companies with 3-year observations using purposive sampling method. Data processing using SPSS version 17 with multiple linear regression. The results obtained indicate that corporate risk has a significant negative effect on tax avoidance and institutional ownership have no significant dan negative effect on tax avoidance and business strategy has a significant positive effect on tax avoidance.

Keywords : corporate risk, institutional ownership, business strategy and tax avoidance.

Downloads

Published

2021-08-01